Rotaract district 3400
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

ACT NOW OR IT`S 2 LATE.....

3 posters

Go down

ACT NOW OR IT`S 2 LATE..... Empty ACT NOW OR IT`S 2 LATE.....

Post by maulana_unicorn dream Sun Nov 25, 2007 8:45 pm

Mengungkap Proses Terjadinya Hujan Asam

DENGAN semakin meningkatnya ilmu pengetahun dan teknologi (iptek), semakin tinggi pula aktivitas kegiatan ekonomi manusia, di antaranya dengan semakin pesatnya perkembangan proses industrialisasi dan sistem transportasi. Sebagai konsekuensi logis, maka semakin meningkat pula zat-zat polutan yang dikeluarkan kegiatan industri maupun transportasi tersebut. Keberadaan zat-zat polutan di udara ini tentu akan berpengaruh terhadap proses-proses fisik dan kimia yang terjadi di udara. Salah satu dampaknya ialah dengan terjadinya hujan asam.
Hal ini bisa terjadi di daerah perkotaan, karena adanya pencemaran udara dari lalu lintas yang berat dan daerah yang langsung terkena udara yang tercemar dari pabrik. Dapat pula terjadi di daerah perbukitan yang terkena angin yang membawa udara yang mengandung asam.
Hal ini terjadi apabila asam di dalam udara larut ke dalam butir-butir air di awan. Jika kemudian turun hujan dari awan itu, air hujannya akan bersifat asam. Dalam bahasa Inggris peristiwa ini disebut dengan rain-out. Deposisi basah dapat pula terjadi karena hujan turun melalui udara yang mengandung asam, sehingga asam itu larut ke bumi. Peristiwa ini disebut wash-out.

Polutan yang berperan akan terjadinya hujan asam adalah zat SO2 dan NOx di udara. Sekira 50% SO2 yang ada didalam atmosfer adalah alamiah, antara lain dari letusan gunung berapi dan kebakaran hutan yang alamiah. Sedangkan yang 50% lagi adalah antropogenik, yaitu berasal dari aktivitas manusia, terutama dari pembakaran bahan-bahan fosil (BBF) dan peleburan logam.
Namun, di daerah yang banyak mempunyai industri dan lalu lintas berat, SO2 yang antrofogenik lebih tinggi

Oleh sebab itu selama masih terdapat NO di atmosfer, dapatlah terbentuk asam sulfat tanpa mengurangi kadar OH. Dengan demikian semakin banyak SO2 makin banyak pula asam sulfat yang terbentuk.

Pupuk N dalam tanah yang tidak terserap tumbuhan juga mengalami perombakan kimia fisik dan biologi yang menghasilkan oksida N. Semakin banyak digunakan pupuk N, semakin tinggi pula produksi oksida tersebut. Sebagian dari oksida N tersebut di udara berubah menjadi asam nitrat.

Sumber asam nitrat yang lain ialah amonia (NH3). NH3 sebenarnya bersifat basa, tetapi keberadaannya di udara menetralisasi asam dengan pembentukan garam (NH4)2 dan NH4NO3 kemudian dioksidasi menjadi asam nitrat. Sumber utama NH3 ialah pertanian dan peternakan, yaitu pupuk dan kotoran ternak.

Untuk emisi yang berasal dari transportasi (pencemaran udara akibat aktivitas transportasi besarnya 33-50% dari pencemaran total pada udara) dengan menggunakan metode pengubah katalik (catalytic converter). Namun, alat ini hanya dapat dipergunakan pada kendaraan dengan bahan bakar minyak (BBM) bensin dan tidak pada mesin diesel.

Semua cara tadi tentu saja memerlukan biaya yang mahal. Untuk itu, dalam mengantisipasinya yaitu dengan cara upaya penghematan energi.

Penghematan energi ini mempunyai keuntungan dalam mengurangi CO2 selain mengurangi emisi lainnya. Namun, tentunya bersifat fleksibel, sehingga terdapat pilihan yang luas yang bisa dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat.

UTNUK PERMASALAHAN seperti ini harus adanya campur tangan orang-orang yg sangat ulet kreatif dan berjiwa besar, untuk bisa mengeluarkan kita dari perubahan iklim yg lebih parah, kita sebagai manusia harusnya bertindak dari sekarang, atau generasi anak2 kita yg akan merasakan imbas dari kelalaian semua ini

1. Perbanyak daerah hijau di perkotaan
2. Penghematan energi rumah dan indrustri
3. Budayakan Bike to Work or jalan kaki jika tempat kerja kita dekat
4. Memperbanyak penanaman pohon.
5. Gedung - gedung di kota - kota besar kita bongkar dan jadikan lahan hijau.
6. Hentikan impor sepeda motor, mobil berbahan bakar minyak bumi, ganti dengan mobil/ motor yang tanpa menghasilkan emisi.
7. Tempatkan industri jauh di luar area penduduk.
8. Meningkatkan kesadaran, kepedulian dan partisipasi masyarakat dan sektor swasta dalam pengelolaan kualitas udara
9. Meningkatkan sumber daya manusia aparat pengelola kualitas udara
10. Mengembangkan sistem informasi kualitas udara
11. Mendorong penerapan pemanfaatan teknologi pengendalian emisi


ayo semangat free world, free air, free to move,
maulana_unicorn dream
maulana_unicorn dream
newbie
newbie

Jumlah posting : 16
Age : 43
Localisation : love earth bey behhhhhh....
Registration date : 31.05.07

Kembali Ke Atas Go down

ACT NOW OR IT`S 2 LATE..... Empty Re: ACT NOW OR IT`S 2 LATE.....

Post by joanita_parvalenitas Mon Jan 14, 2008 12:55 pm

Info ini bagus banget untuk disampaikan dalam aksi kita ke masyarakat, mungkin kita bisa mulai dulu di tingkat sekolah dalam bentuk penyuluhan atau tindakan yang paling kecilnya kita samapaikan kepada setiap orang yang kita jumpai.
joanita_parvalenitas
joanita_parvalenitas
newbie
newbie

Jumlah posting : 30
Age : 39
Localisation : Nusantara
Registration date : 31.05.07

Kembali Ke Atas Go down

ACT NOW OR IT`S 2 LATE..... Empty Re: ACT NOW OR IT`S 2 LATE.....

Post by otoy Tue May 06, 2008 12:44 pm

SETUBUUUUUUUUUUUUUUUUUUUH....eh....
SETUJUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

vote disa for manager....cayoooo(lo ko??)
otoy
otoy
udah bukan newbie dooong
udah bukan newbie dooong

Jumlah posting : 73
Age : 99
Registration date : 31.05.07

Kembali Ke Atas Go down

ACT NOW OR IT`S 2 LATE..... Empty Re: ACT NOW OR IT`S 2 LATE.....

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik